2019 PPI Seluma Beroperasi, Pengerukan Alur Terkendala CA

NEWS - Senin, 22 Oktober 2018

Konten ini di Produksi Oleh :

Foto : Pembangunan PPI Desa Pasar Seluma Tahun 2017 lalu.

GARUDA DAILY – Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Kabupaten Seluma Ali Sedikin menyampaikan, tahun 2019 Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, dipastikan bisa beroperasi.

“Tahun depan bisa dimanfaatkan, untuk tahun ini kita baru menyelesaikan pembangunan tambak labu dengan dana Rp 300 juta, alur masuk kapal Rp 200 juta, kantor, jalan dan lahan parkir dengan anggaran dari APBD Seluma dan DAK tahun 2018,” kata Ali, Senin 22 Oktober 2018.

PPI Pasar Seluma sementara ini hanya bisa dilalui kapal nelayan yang kecil, kalau untuk kapal besar dengan kapasitas mesin 5gt belum bisa, karena masih terkendala alur masuk dari muara yang masuk kawasan Cagar Alam.

“Kalau besar bisa masuk, karena untuk pengerukan alur muara masih terkendala Cagar Alam, jadi hanya bisa dimanfaatkan oleh nelayan dengan kapal berkapasitas kecil,” ujar Ali.

Sedangkan untuk, pemgerukan alur muara, lanjut Ali, harus memiliki izin dari kementrian dengan dasar pengalihan Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam (TWA), itupun menurutnya harus dibantu kordinasi oleh Pemda Seluma.

“Bisa dikeruk asalkan sudah ada izin dari kemntrian, untuk peralihan status Cagar Alam. Untuk peralihan itu sendiri juga harus dari pemda seluma,” jelasnya. [YK]

BACA LAINNYA


Leave a comment