NEWS - 27 April 2021

Seleksi PPPK Mukomuko Khusus Guru, Tes CPNS Non Guru

GARUDA DAILY – Kabar baik untuk tenaga pendidik di Kabupaten Mukomuko. Tahun 2021 ini sebanyak 789 kuota penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dikhususkan untuk formasi guru.

“Dari total kuota yang kita usulkan, seluruhnya tenaga pendidik,” papar Edi Suntono, Sekretaris BKPSDM Mukomuko, Selasa, 27 April 2021.

Dari total kuota tersebut, membuka peluang besar bagi seluruh tenaga pendidik di daerah ini. Menurut Edi, pelaksanaan seleksi dilaksanakan sebanyak tiga tahap. Proses seleksi juga dilaksanakan dengan sistem data terintegrasi.

Calon peserta cukup mendaftar dengan menggunakan NIK dan KK. Portal SSCASN secara otomatis menampilkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), data NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), serta integrasi data akreditasi program studi atau universitas dan lembaga pendidikan tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar.

“Tidak menutup kemungkinan formasi PPPK itu ada titipan dari instansi-instansi terkait. Namun itu di luar kuota yang telah diusulkan. Itu dari pusat langsung, dari kita enggak (pemerintah daerah),” terangnya.

Akan tetapi, untuk CPNS tahun 2021 diusulkan formasi non guru. Menurut Edi, usulan ini sama seperti tahun sebelumnya.

“Kalau tahun-tahun kemarin kan PPPK-nya diusulkan, di CPNS-nya tidak lagi. Jadi gantian, supaya pemerataan kesempatan bagi peserta,” kata Edi.

Terkait waktu pelaksanaan seleksi, baik CPNS maupun PPPK, pihaknya belum bisa memastikan.

“Kita masih menunggu arahan dari pusat. Hingga saat ini kita belum menerima informasi terkait jadwal,” imbuhnya.

Namun, ia memastikan pelaksanaan seleksi keduanya akan dilaksanakan tahun 2021 ini.

Informasi sementara yang dirangkum Garuda Daily, pelaksanaan seleksi PPPK dan CPNS segera bergulir dalam waktu dekat. Seperti dilansir Kompas.com, menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN RI, pendaftaran seleksi PPPK dilaksanakan pada Mei-Juni mendatang. Sedangkan seleksi CPNS belum dipastikan waktu pelaksanaannya.

Penulis: Yance Askomandala

BACA LAINNYA