×

“Surga Tersembunyi”

ayo VOTE

GARUDA DAILY – Terletak pada 101°01 – 103°46 Bujur Timur serta 2°16 – 3°31 Lintang Selatan di Pantai Barat Pulau Sumatera, lalu membujur dari Utara ke Selatan dengan luas wilayah mencapai lebih kurang 1.991.933 hektare atau 19.919,33 Km2, Bengkulu menjadi provinsi yang menawarkan keindahan alam nan pesona. Ibarat permata atau lebih tepatnya ‘surga’ yang tersembunyi di pesisir barat Pulau Sumatera. Berbagai tempat menarik, wisata nan mempesona ada di sini.

Bengkulu memiliki tempat-tempat wisata menarik, baik wisata sejarah, alam dan laut. Secara historis, pada abad ke-17, Bengkulu pernah menjadi primadona dunia internasional. Hal ini ditandai adanya Benteng Marlborough yang masih bisa disaksikan hingga kini.

“Bengkulu ibarat surga yang tersembunyi di bagian pesisir barat Sumatera,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

ayo VOTE

Oleh karenanya sektor pariwisata menjadi satu dari lima program prioritas Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam bingkai Visit Wonderful Bengkulu 2020. Rohidin meyakini sektor pariwisata ketika dikelola dengan baik mampu mengangkat perekonomian daerah.

Dan objek wisata Bengkulu sudah membuktikan diri di kancah nasional. Terbukti, enam destinasi wisata dan satu kuliner khas Bengkulu masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019. Bahkan perolehan sementara mencatat, dua destinasi asal Bengkulu berhasil masuk tiga besar vote terbanyak.

ayo VOTE

Adalah Fort (Benteng) Marlborough yang di API 2019 masuk nominasi “Situs Sejarah Terpopuler dan Pantai Cukoh untuk kategori “Destinasi Baru Terpopuler”, dua objek wisata Bengkulu yang untuk sementara masuk jajaran tiga besar wisata terpopuler.

Fort Marlborough merupakan bangunan kokoh peninggalan Inggris yang dibangun pada 1713 hingga 1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Collet. Peninggalan bersejarah Kolonial Inggris setelah lebih kurang 140 berada di Bengkulu. Jika dilihat dari atas bentuknya seperti kura-kura. Dengan bangunan segi empat dan di bagian depannya dibuat agar berlebih ke depan segingga menggambarkan seekor kura-kura yang kepalanya sedang keluar.

Fort Marlborough bahkan disebut-sebut sebagai ‘Kura-Kura’ terbesar kedua di Asia. Jika berdiri di sini, kita tidak hanya menikmati wisata sejarah saja, sebab tepat di depannya, terbentang luas Pantai Tapak Paderi yang langsung menghadap ke Samudra Hindia.

ayo VOTE

Pantai Cukoh, pantai ini mendadak hits sejak masuk nominasi API 2019, Hamparan batu karang, air laut yang jernih dan pasir putihnya benar-benar memanjakan mata. Tak berlebihan jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Pantai Cuko, atau juga ada yang menyebutnya Pantai Cukuh ini berada tidak jauh dari pusat kota Bintuhan, tepatnya di Pasar Lame (Lama). Dari Bandara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu, jaraknya lebih kurang 200 km, sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan yang ditempuh melalui akses darat.

Berdiri di terumbu karang di Pantai Cuko, ibarat berdiri di kolam besar yang bersebelahan dengan laut. Di antara karang-karang yang tersusun rapi tersebut, terdapat ikan karang dan tumbuhan karang lainnya. Pengunjung di sini juga biasanya mencari umang-umang yang banyak di antara terumbu karang.

Tak hanya memanjakan mata dan berkreasi bersama keluarga, di sini juga bisa untuk memancing di laut lepas, tapi hati-hati ya, karena ombaknya cukup besar. Jangan lupa, abadikan setiap momen indah anda di tempat yang indah ini.

ayo VOTE

Wisata Bengkulu yang masuk nominasi API 2019 lainnya adalah Bukit Kaba untuk kategori “Dataran Tinggi Terpopuler”. Pulau Enggano “Surga Tersembunyi Terpopuler”, Arus Ketahun Rafting “Wisata Air Terpopuler, dan Jelajah Lubuk Resam yang masuk nominasi “Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler. Untuk makanan tradisional, Pendap masuk nominasi “Makanan Tradisional Terpopuler”.

Masuknya keenam destinasi wisata dan kuliner khas Bengkulu sebagai nominasi API 2019, bagi Gubernur Bengkulu adalah anugerah yang luar biasa.

“Ini anugerah yang luar biasa untuk kita semua, setiap tahun destinasi wisata Bengkulu selalu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Tak dapat dipungkiri, kita memiliki keindahan alam yang luar biasa,” ujarnya.

Hal ini kemudian semakin memotivasi orang nomor satu di Provinsi Bengkulu ini, untuk terus mendorong pengembangan destinasi wisata di Provinsi bengkulu. Sebab sekali lagi dirinya meyakni, pariwisata salah satu pintu masuk dalam mendongkrak perekonomian masyarakat Bengkulu.

“Dengan segala keterbatasan yang kita miliki, perlahan target-target pembangunan di berbagai sektor akan terus kita perkuat, demi terpenuhinya capaian yang maksimal dan sesuai yang kita harapkan bersama,” tegas Rohidin.

ayo VOTE

Selain destinasi wisata disebut di atas, untuk wisata pantai, selain Pantai Panjang, Bengkulu memiliki banyak pantai dengan kekhasannya masing-masing, salah satunya adalah Pantai Sekunyit, ombak yang ada di sini cukup bagus untuk wisatawan yang menyenangi surfing.

Bengkulu juga memiliki pusat pelatihan Gajah Taman Kerinci Sebelat, lokasi ini sagat bagus, pemandangannya sangat natural dan sangat eksotis. Lokasi ini terintegrasi dengan Taman Bukit Barisan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Dan masih banyak destinasi wisata lainnya di Bumi Rafflesia yang menjanjikan keindahan, tidak percaya? Langsung aja OTeWe ke Bengkulu! (Red)

ayo VOTE
Composite Start
Baca Lainnya
Loading...
Composite End

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *