×

Ini Alasan Erwin Oktavian Maju Pilbup Seluma

Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Seluma 2020 Erwin Oktavian dan Gustianto

GARUDA DAILY – Erwin Oktavian terpanggil untuk mengabdikan diri dan berjuang membawa Kabupaten Seluma bangkit dari keterpurukan. Dirinya telah memastikan diri untuk maju dan siap bertarung pada bursa Pemilihan Bupati (Pilbup) Seluma 2020 mendatang. Sebagai putra daerah, Erwin merasa ada tanggung jawab besar dan moral untuk berbuat lebih bagi daerah.

Bahkan Erwin yang saat ini masih berstatus ASN aktif di Dinas Dukcapil Seluma, siap dan ikhlas mempertaruhkan statusnya itu demi tanah kelahirannya menjadi kabupaten yang lebih maju lagi. Walau tak bisa dipungkiri, menjadi ASN masih menjadi idaman ribuan bahkan puluhan ribu orang. Terbukti, pendaftaran tes CPNS Seluma saja yang hanya menyediakan kuota 190, diminati hingga 7 ribuan pelamar.

“Keterpanggilan sebagai putra daerah, dan siap berkorban untuk Kabupaten seluma, bukan untuk mencari uang, saya rela mengorbankan jabatan ASN saya demi untuk Kabupaten Seluma,” tegas Erwin kepada Garuda Daily, Kamis, 28 November 2019.

Saat ini, lanjutnya, APBD Seluma untuk tahun 2020 hanya Rp947 miliar dan mengalami defisit hingga Rp41 miliar. Kondisi ini yang menjadi salah satu sebab mandegnya pembangunan di Seluma. Pembangunan secara merata menyentuh seluruh pelosok Seluma tidak mungkin untuk dilakukan, jika tidak ada terobosan dalam meningkatkan keuangan daerah.

Menurutnya, peningkatan PAD ke depan harus terus digenjot, tapi dengan tidak menambah beban masyarakat, seperti menekan angka pajak. Karena kepala daerah, tegasnya, bukan tukang pungut pajak. Namun untuk menggenjot PAD, sebagai langkah awal eksekutif dan legislatif harus benar-benar bersinergi dan membangun komitmen bersama.

“Kita lihat dan berkaca ke daerah lain PAD mereka besar, banyak sumber PAD yang bisa digali lagi di Kabupaten Seluma. Tinggal kita tentukan mana yang bisa kita tingkatkan, namun yang pasti antara eksekutif dan legislatif harus benar-benar kompak,” ujarnya.

Terhadap kondisi Seluma sampai saat ini, Erwin tidak akan pernah menyalahkan pemimpin saat ini ataupun terdahulu. Sebab selama ini kesemua pemimpin telah maksimal dalam berjuang dan berkorban untuk Kabupaten Seluma.

Karena baginya, kini bukan masanya menyalahkan kepemimpinan terdahulu, regenerasi kepemimpinan harus bijak menyikapi itu dan siapapun pemimpin Seluma yang baru nanti harus siap melanjutkan perjuangan dan pengorbanan pemimpin sebelumnya. Dan pria kelahiran Talo 39 tahun silam ini siap melanjutkan itu.

“Pasti kita lanjutkan lagi program-program Pak Bupati Murman Efendi dan Pak Bundra Jaya untuk Kabupaten Seluma. Selain itu, kita juga akan tetap menjaga harmonisasi di Seluma dengan melibatkan seluruh stakeholder, elemen dan tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Seluma, lembaga-lembaga dan juga awak media untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” tukasnya.

Baca juga Maju Cabup Seluma, Erwin Oktavian Siap Mundur dari ASN

Sementara itu, untuk maju pada Pilkada Seluma 2020, Erwin mengaku sudah menemui dan mantap dengan pasangan idealnya, yakni Gustianto atau akrab disapa Yayan. Mantan anggota DPRD Provinsi Bengkulu, yang pada pilkada sebelumnya juga pernah maju sebagai calon wakil bupati, berpasangan dengan Mufran Imron.

Salah satu hal yang membuatnya tertarik dengan Yayan adalah sosok Yayan yang secara konsisten tetap bermasyarakat, meskipun pada pertarungan dua ‘pesta demokrasi’ terakhir Yayan belum diberikan kesempatan untuk mengabdi.

Bahkan, Erwin pun siap untuk urung maju jika dirinya ‘dipaksakan’ berpasangan dengan yang lain. Karena menurutnya, dalam memimpin, baik bupati ataupun wakil bupati harus punya kesamaan hati, agar terus bersinergi, dan membangun dengan hati.

“Sepertinya kita memang sudah jodoh, saya nyaman dan beliau pun demikian. Perlu kecocokan dalam memimpin, dan selama berdiskusi dengan beliau, kita sama-sama merasakan itu. Ya kalau beliau ga jadi, saya pun ga jadi,” tegasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Erwin, sejauh ini dia sudah menjajaki enam parpol, yakni PDIP, Golkar, Nasdem, Perindo, PPP dan PKS.

“Baru Gerindra yang sudah mengikuti fit and proper test. Mudahan-mudahan nanti kita semuanya diusung, saat ini kita pastikan Perindo siap mendukung,” pungkasnya.

Penulis: Yedi Kustanto

Baca Lainnya
Loading...
Composite End

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *