NEWS - 13 April 2021

Batik Tando Pusako Raih Juara 1 Lomba Cerita Wastra Provinsi Bengkulu

GARUDA DAILY – Batik Tando Pusako Kabupaten Mukomuko keluar sebagai pemenang lomba Cerita Wastra Dekranasda Provinsi Bengkulu. Selain Juara 1, batik khas Mukomuko ini juga keluar sebagai juara favorit.

Sekretaris Dekranasda Mukomuko Nurdiana mengaku puas dan bangga atas prestasi ini. Menurutnya, hal ini menjadi semangat baru dan langkah awal dalam memperkenalkan serta mengembangkan Batik Tando Pusako di tengah masyarakat.

“Sangat bangga dengan hasil ini. Juga melalui media ini, masyarakat yang belum tahu bisa lebih mengenal Batik Tando Pusako ini,” kata Nurdiana.

Kain Batik Tando Pusako ini menggambarkan tentang kekayaan flora dan fauna yang dimiliki Mukomuko. Ikan Mikih dan Lokan yang merupakan makanan khas daerah ini, dipadukan dengan kelapa sawit yang menjadi sumber ekonomi utama masyarakat setempat.

Penggabungan cerano sebagai simbol bahwa masyarakat Mukomuko berpegang teguh terhadap adat-istiadat, dibalut dengan harmonisasi Bunga Rafflesia dan motif besurek melahirkan kain Batik Tando Pusako yang memancarkan pesona keindahan dan layak menyandang predikat juara.

“Kita bertekad kain Tando Pusako ini menjadi sarana memperkenalkan daerah di kancah nasional bahkan internasional. InsyaAllah kita akan terlibat aktif dalam ragam pameran, baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional dalam rangka memperkenalkan kain khas Kabupaten Mukomuko ini,” tambah Nurdiana.

Lomba Cerita Wastra ini merupakan ajang kompetisi foto menggunakan kebaya dan batik tradisional daerah Bengkulu yang digelar Dekranasda Provinsi Bengkulu. Setiap peserta mengunggah foto terbaik di media daring Instagram dan Facebook dari tanggal 24 Maret-12 April 2021.

Foto dengan model yang diperankan Uci Rahayu dari Dekranasda Mukomuko ditetapkan dewan juri sebagai pemenang pertama lomba ini. Kemudian disusul Dekranasda Provinsi Bengkulu sebagai pemenang kedua dan Dekranasda Kabupaten Bengkulu Utara sebagai pemenang ketiga.

Kain Batik Tando Pusako dengan peran model Ketua Dekranasda Mukomuko Nurliana Habsjah Sapuan mendapatkan dukungan sebanyak 1.580 like dan 39 komentar di media daring Instagram, keluar sebagai juara favorit kompetisi ini.

Penulis: Yance Askomandala

BACA LAINNYA