×

Bantuan Dinilai Pilih Kasih, Warga ‘Kepung’ Rumah Kades di Bengkulu Utara

Bantuan Dinilai Pilih Kasih, Warga ‘Kepung’ Rumah Kades di Bengkulu Utara

GARUDA DAILY – Ratusan warga Desa Talang Rasau Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara datangi rumah kades dan protes penyaluran Bantuan Sosial Tunai yang dinilai pilih kasih.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, aksi sempat Memanas, warga menuding ada permainan data penerima. Bahkan berdasarkan keterangan salah satu warga, penerima Bantuan Sosial Tunai dari kementerian ini mayoritas masyarakat kelas menengah ke atas. Sedangkan warga miskin tidak mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu tersebut.

“Sebenarnya kriteria sasaran penerima ini seperti apa? Seharusnya pemerintah desa berada di posisi yang tepat, agar bantuan itu tepat sasaran,” ketus salah satu warga.

Dijelaskan Kades Talang Rasau Helmundi, pihaknya telah berupaya agar setiap warga menerima bantuan tersebut dan verifikasi data calon penerima sudah dilakukan.

“Kami pihak desa tentu tak bisa berbuat banyak. Kami sifatnya berupaya melalui pendataan. Soal siapa menerima, itu kewenangan pusat. Terkecuali bantuan dari dana desa dan itupun melalui proses musyawarah,” jelas Kades.

Sementara itu, Kapolsek Lais Iptu Yenni Puspita meminta massa untuk menahan diri dan akan dilakukan proses mediasi.

“Akan kita gelar mediasi, kurang lebih 11 orang warga akan kita datangkan. Dalam mediasi tersebut, kita pun akan menjelaskan skema dan mekanisme penyaluran bansos. Tujuannya agar pemerintah desa, khususnya kepala desa tidak kembali menjadi sasaran protes,” ujar Kapolsek. [Dwa212]

Composite Start
Baca Lainnya
Loading...
Composite End

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *