Tahun Depan, 100 Persen Desa di Bengkulu Teraliri Listrik

GARUDA DAILY – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu 100 persen teraliri listrik pada tahun 2022. Sebab berdasarkan data PT PLN Persero UPJ Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (W2SJB) Cabang Bengkulu, dari 1.513 desa se-Provinsi Bengkulu, tinggal satu desa lagi yang belum teraliri listrik.

“Pagi ini saya bersama GM PLN W2SJB dan kawan-kawan kemudian Bupati Kepahiang meresmikan listrik desa. Sehingga di tahun 2022 bersama komitmen PLN W2SJB, seluruh wilayah di Bengkulu teraliri listrik,” kata Rohidin saat menghadiri Peresmian Listrik Desa dan Penyerahan Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Tabung Listrik di Desa Langgar Jaya Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang, Selasa, 7 September 2021.

Rohidin pun menegaskan komitmennya terhadap pemasangan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu agar perekonomian masyarakat desa bisa meningkat. Selain optimalisasi infrastruktur jalan yang terus dibangun.

“Sebagaimana program unggulan kita, pemasangan listrik gratis bagi masyarakat kelas menengah ke bawah di mana di dua bulan lalu telah kita lakukan di Kabupaten Kaur. Program ini memang untuk ribuan yang kita rencanakan di sembilan kabupaten satu kota, tapi kita sengaja sisir di daerah atau desa Terpencil, Terdepan, dan Terluar (3T) untuk fokus kita pemasangan listrik gratis tersebut,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan paket lengkap dalam bentuk tanggung jawab sosial PLN dan secara khusus juga ada beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat, termasuk pengembangan komoditas lokal di Kepahiang.

“Tentu kalau desa sudah teraliri listrik harapan kita masyarakatnya semakin produktif, semangat kerjanya semakin baik dan tentu kondisi lingkungan akan semakin terpelihara, tumbuh, dan berkembang,” demikian Rohidin Mersyah.

Untuk diketahui, angka rasio elektrifitas di Provinsi Bengkulu meningkat sebesar 0,13 persen, dari 99,80 persen menjadi 99,93 persen. Adapun satu desa yang belum teraliri listrik adalah Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. (Adv)

Advertorial
Comments (0)
Add Comment