Pakai Cangkul, Warga Desa Sukajaya Bangun Jalan Sentra Produksi dan Lingkungan

Posted on 15/10/2018

GARUDA DAILY – Masyarakat Desa Sukajaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur memanfaatkan program Dana Desa (DD) dengan membangun jalan menuju sentra produksi dan jalan lingkungan penghubung desa secara manual dan dengan hanya menggunakan cangkul secara bergotong royong.

Pembangunan yang sedang berlangsung tersebut menggunakan anggaran DD tahun 2018, dengan penyelesaian 60 persen. Bertujuan guna mempermudah akses jalan warga masyarakat menuju lokasi pertanian.

Kades Sukajaya Muhlisin kepada wartawan mengatakan, pembangunan ini atas usulan masyarakat dalam rangka membangun desa.

“Adanya DD sudah secara langsung dinikmati masyarakat manfaatnya, karena langsung bisa diusulkan yang menjadi prioritas utama,” ujar Kades.

Dijelaskan Muhlisin, selama ini masyarakat kesulitan menuju lokasi pertanian dan membawa hasil bumi.

“Jadi harapan kita dengan peningkatan jalan ini akan memudahkan jika memakai kendaraan. Dengan begitu hasil produksi pertanian lebih maksimal, meringankan biaya produksi dan tidak mengalami kesulitan, khususnya di musim penghujan saat mengangkut pakai kendaraan,” harapnya.

Sementara itu, warga setempat, Yanto, mengaku sangat berterima kasih atas pembangunan jalan ini.

“Kami selaku petani kopi, lada, sawit, karet dan palawija sangat berterima kasih dan mendukung pelaksanaan DD dialokasikan ke jalan setra produksi yang menjadi kendala utama selama ini, kemudian dengan sistem pekerjaan ini menambah penghasilan kami, dalam program sistem pengerjaannya langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tuturnya. [Kkip/Adv]

Advertorial
Comments (0)
Add Comment