Derita Gizi Buruk dan Ispa, Bayi Umur 2 Bulan Dilarikan Ke RSUD

GARUDA DAILY – Manuel Kaisar Hito (2 bulan), Bayi malang asal Desa Tanah Abang Kecamatan Ilir Talo ini terpaksa dilarikan ke RSUD Tais oleh orang tuanya dan pihak Puskesmas Penago 2 lantaran mengalami gizi buruk dan menderita penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Rabu (16/5/2018).

Diketahui, Manuel anak ketiga dari pasangan Agus Salim (47) dan Desma (27) ini mulai sakit semenjak tiga minggu yang lalu. Namun, saat dibawa ke Puskesmas kondisinya sudah sangat memperihatinkan. Melihat itu, pihak puskesmas pun berkordinasi dengan Kepala Desa, Kader Posyandu dan Bidan Desa untuk merujuk ke RSUD Tais.

“Kita ketahui sewaktu Manuel posyansdu, melihat keadaannya yang kurus dan sesak napas, pihak Pukesmas pun langsung berkordinasi dengan Kades, Kader Posyandu, serta bidan desa untuk segera merujuk samuel ke RSUD,” kata Kepala Pukesmas Desa Penago 2, Arju Rahman kepada wartawan saat ditemui di RSUD Tais.

Ditambahkannya, berdasarkan keterangan Bidan desa, Manuel mengidap penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) dan gejala gizi buruk, dan di usianya saat ini berat badannya hanya 2,1 kg, tentunya berat badan tersebut tidak sesuai dengan umur.

“Karena kondisinya sudah memprihatinkan jadi dirujuk ke rumah sakit. Karena orang tuanya takut akan ada biaya yang besar, sehingga kami langsung buatkan BPJS, alhamdulillah sudah selesai,” jelasnya.

Dan kepada kami pun, Agus Salim ayah Manuel yang hanya buruh tani ini mengakui jika dirinya merasa kebingungan untuk mencari biaya untuk Manuel yang dirawat di RSUD Tais, karena penghasilannya saja bisa dikatakan jauh dari kata cukup untuk menghidupi kehidupan sehari-hari.

“Tadi Mamuel sudah dirontgen dan diperiksa dokter, keterangannya Bronkopneumonia peradangan dinding bronkiolus (saluran napas kecil pada paru–paru) dan Gejala gizi buruk. Tapi, hal ini mau dipastikan dulu menunggu dokter spesialis anak, kita juga sudah hubungi dinas terkait, semoga aja pemerintah melalui dinas terkait bisa membantu keluarga Manuel,” harapnya.

Sementara itu, Agus Salim ayah dari Manuel mengatakan anaknya tersebut mulai sakit sekitar 3 minggu yang lalu, sesak napas dan kondisi badan yang kurus.

“Sudah 3 minggu sakit, yang parahnya beberapa hari ini, kalau setelah lahir belum ada gejala – gejala sakit,” singkatnya. [YK]

Comments (0)
Add Comment