Bos PT BSM Tersangka Penipuan?

Lokasi IUP PT BMQ saat dijaga aparat kepolisian

GARUDA DAILY – Perseteruan antara kubu PT Bara Mega Quantum (BMQ) dengan PT Borneo Suktan Mining (BSM) terus memanas. Manajemen PT BMQ melaporkan Bos PT Borneo Suktan Mining (BSM) Nurul Awaliyah ke Polda Bengkulu, Rabu, 6 Maret 2019. Pelaporan ini buntut dari pendudukan lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT BMQ yang diduga atas perintah terlapor.

“Sudah kita laporkan ke Polda Bengkulu, atas tindak pidana pendudukan lokasi IUP,” ungkap Gunziryadi dan Hendra Kusman selaku pihak Manajemen PT BMQ, didampingi Legal Corporate PT BMQ Antono, SH, MH, Jumat, 7 Maret 2019.

Baca juga Eka: Nurul Awaliyah, Pemilik Sah IUP PT BMQ

Kini Manajamen PT BMQ mengungkapkan hal baru, bahwa Nurul Awaliyah sudah menjadi tersangka pada kasus yang berbeda, yakni kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp2 miliar.

“Jadi tahun 2018, klien kami melalui Legal Corporate PT BMQ, bapak Pahala Lumban Batu melaporkan saudari Nurul Awaliyah ke Polda Bengkulu, laporan tersebut direspon dan saudari Nurul sudah ditetapkan menjadi tersangka,” ungkap Antono, Sabtu, 9 Maret 2019.

Adapun kronologisnya adalah Dirut PT BMQ memberikan uang sebesar Rp2 miliar kepada Nurul beserta surat kuasa penagihan kepada pihak lain. Akan tetapi ketika ditagih, lanjut Antono, uang itu tidak pernah ada.

“Penagihan uang tersebut adalah salah satu dari bunyi perjanjian perdamaian di dalam putusan Mahkamah Agung terhadap PT BMQ,” kata Antono.

“Pada kasus ini Direktur Utama PT BMQ menjadi korban penipuan. Uang itu tidak pernah ada, sementara Dirut PT BMQ sudah menyerahkan uang 2 miliar,” sambungnya.

Baca juga Manajemen PT BMQ Polisikan Bos PT BSM

Disampaikan Antono, Nurul Awaliyah terjerat pasal 372/378 KUHP atas dugaan penipuan dan penggelapan sesuatu barang yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang lain dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Kepada media ini, Antono katakan berkas perkara tahap I atas nama Nurul Awaliyah telah dikirimkan oleh penyidik Polda Bengkulu ke Kejati Bengkulu.

Baca juga Garis Polisi di PT BMQ Telah Dibuka

Perihal penetapan tersangka bos PT BSM belum terkonfirmasi pihak Polda Bengkulu. Media ini akan mengkonfirmasi lebih lanjut, baik ke Polda maupun pihak PT BSM. [9u3]

Comments (0)
Add Comment