Mahasiswi UNIB ‘Sulap’ Kulit Pisang Jadi Cemilan Enak

NEWS - Sabtu, 29 September 2018

Konten ini di Produksi Oleh :

Posted on 29/09/2018

GARUDA DAILY – Siapa sangka, kulit pisang yang biasanya dibuang begitu saja karena dianggap tidak berguna, ternyata dapat diolah menjadi cemilan yang enak.

Ide kreatif ini berasal dari pemikiran cerdas yang berangkat dari keresahan seorang mahasiswi terhadap tumpukan kulit pisang. Mahasiswi tersebut merupakan salah satu anggota Kelompok 298 KKN UNIB Periode 86 yang berjumlahkan delapan orang.

Kulit pisang ternyata selain bisa diolah menjadi keripik yang bisa dijadikan cemilan enak saat santai, juga mempunyai banyak manfaat, diantaranya dapat mengurangi jerawat dan keriput, menyembuhkan psoriasis, menghilangkan kutil serta dapat memutihkan gigi.

Dengan cara pembuatan yang sangat simpel, kulit pisang ini dapat dijadikan keripik, dengan cara dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender, kemudian ditambah tepung terigu, bawang putih, soda kue, penyedap rasa serta sedikit tambahkan air.

Kesemua bahan dicampurkan lalu diaduk hingga merata sampai menjadi pulen, kemudian dikukus selama kurang lebih sepuluh menit dengan dipipihkan menjadi tipis terlebih dahulu, lalu dijemur di bawah sinar matahati langsung hingga mengering sempurna dan keripik kulit pisang sudah bisa digoreng.

“Awalnya sih nggak percaya bakalan berhasil dibuat keripik, tapi ternyata tidak mengecewakan, malah waktu KKN di Desa Ujung Tanjung III (Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong) saat dipraktekkan bersama ibu-ibu PKK mendapatkan apresiasi dari warga sana, kreatif katanya,” ungkap Tia Ayu Tri Wahyuni, si pemilik ide kreatif tersebut.

Diketahui bahwa kulit pisang ini memiliki gizi yang cukup tinggi, yakni mengandung 18,50 gram karbohidrat, 2,11 gram lemak, 0,3 gram protein, 715 mg kalsium, 117 mg fosfor, 1,60 mg zat besi, 0,12 mg vitamin B dan 17,50 mg vitamin C. [Nd3]

BACA LAINNYA


Leave a comment