×

500 Dol Siap ‘Pecahkan’ Festival Bumi Rafflesia

Peserta penabuh 500 alat musik Dol bersemangat berlatih jelang Festival Bumi Rafflesia, Juli 2019 mendatang

GARUDA DAILY – Alat musik tradisional khas Bengkulu, Dol, siap ‘pecahkan’ dan menggemparkan Festival Bumi Rafflesia, yang akan diselenggarakan Juli 2019 nanti. Penampilan 500 Dol ini juga mendapat support penuh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ia berharap penampilan 500 alat musik Dol ini dapat menarik sedemikian rupa, baik dari sisi performa alat musik Dol itu sendiri, maupun dari para peserta penabuh Dol, sehingga kegiatan yang telah masuk dalam 100 Calender Of Event Indonesia ini dapat betul-betul memukau.

“Dol ini adalah alat musik yang memiliki energi sangat kuat, beda dengan alat musik lainnya, maka performa orang yang tampil dengan alat musik ini harus gagah, kuat dan macho bukan gemulai, karena alat musik ini energinya yang dimunculkan,” kata Rohidin saat meninjau langsung latihan penampilan 500 alat musik Dol, di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Sabtu (15/05/2019).

Baca juga Ditunjang Empat Faktor ini, KEK Pulau Baai Layak Direalisasikan

Pada kesempatan itu, Rohidin turut memberikan arahan dan masukan kepada pelatih, koreografer maupun peserta pelatihan agar dapat semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dari penampilan event tabuh 500 Dol ini.

Lebih lanjut dikatakannya, penampilan Dol setiap tahun harus mengalami peningkatan. Tahun ini penampilan alat musik Dol akan di kolaborasikan dengan alat kesenian negara lain. Hal itu dimaksudkan untuk melihat bagaimana dinamisasinya Dol sebagai alat musik berbaur dengan alat musik lainnya.

“Saya berharap setiap tahunnya penampilan Dol dapat meningkat lebih baik, supaya musik Dol ini dapat terkenal hingga keluar negeri dan tahun ini sengaja kita akan kolaborasikan dengan alat musik negara lain, supaya kita dapat melihat dinamisasinya Dol di lapangan terbuka. Alat musik Dol harus bisa memunculkan energi dan dentuman pukulan yang energik,” ujar Rohidin.

Baca juga Masuk Nominasi API 2019, Pantai Cuko Kaur Tawarkan Hamparan Terumbu Karang nan Indah

Orang nomor satu di Provinsi Bengkulu inipun mengapresiasi semangat peserta penabuh Dol, walaupun diguyur hujan tetap semangat untuk berlatih guna memberikan sesuatu penampilan menarik yang dapat mengangkat citra alat musik Dol ini.

“Berlatih dengan sebuah kesungguhan untuk mengangkat citra alat musik Dol ini menjadi alat musik yang betul-betul dapat diandalkan, dapat dibanggakan dan dapat dicintai masyarakat Indonesia dan tidak menutup kemungkinan pada suatu masa nanti alat musik ini akan mendunia,” ujarnya. (Red)

Baca Lainnya
Loading...
Composite End

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *