Mahasiswa Harus Mengambil Peran Sukseskan Pemilu 2019

Posted on 03/12/2018

GARUDA DAILY – Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra berharap mahasiswa mengambil peran dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2019 mendatang.

“Kita berharap mahasiswa mengambil peran pada Pemilu 2019 ini, peran sederhana adalah mereka tetap memastikan yang pertama bahwa di lingkup kampus dan organisasi mereka tidak ada yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih,” kata Irwan saat menjadi Narasumber Dialog Publik Hima Administrasi Publik Fisip Unib beberapa waktu lalu.

Selain itu, Irwan ingin mahasiswa aktif memberikan pendidikan politik agar menjadi pemilih yang cerdas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pragmatisme di kalangan pemilih, khususnya pemilih pemula dan generasi milenial.

“Mahasiswa bisa memberikan pendidikan politik minimal di lingkungan mereka untuk memastikan bahwa selain terdaftar sebagai peserta pemilu, mereka juga bisa menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, tidak tergoda dengan money politic dan apapun nanti pemberian dari peserta Pemilu,” harap Irwan.

Baca Kampanye di Kampus Dilarang, Milenial Diminta Melek Politik

Untuk diketahui, Dialog Publik ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kesadaran kaum milenial akan pentingnya partisipasi pada Pemilu 2019. Selain Irwan, turut hadir sebagai narasumber, Septi Maryani, dari Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Ketua Umum Hima Administrasi Publik Fisip Unib Redho M Ikhsan pada kesempatan itu menekankan dua hal, pertama tentang menjadi pemilih yang cerdas dan bijak. Kedua, sebagai seorang pemimpin rakyat harus menjalankan UUD 1945 dan benar-benar mengutamakan kepentingan rakyat.

“Dua hal tersebut harus berjalan seimbang agar demokrasi tidak berjalan pincang,” tandas Redho. [Nd3]

Baca Dilarang Kampanye di Kampus

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *