Wang 12, Tradisi Lembak Pagar Dewa Peringati Maulud Nabi

NEWS - Senin, 11 November 2019

Konten ini di Produksi Oleh :

Warga Lembak Pagar Dewa Kota Bengkulu memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Baiturrahim

GARUDA DAILY – Warga Lembak Pagar Dewa Kota Bengkulu memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal, 9 November 2019, di Masjid Baiturrahim Kelurahan Pagar Dewa.

Peringatan Maulud Nabi diawali dengan mengadakan Barzanji atau Sarafal Anam, yang dilanjutkan dengan Salat Zuhur berjemaah dan ceramah agama oleh Ustadz Khairul Ikhwan Nasution. Kemudian melaksanakan Salat Asar, lalu Shalawat Nabi serta doa, dan ditutup dengan menikmati nasi jambar atau nasi kunyit bersama.

Dalam tradisi Lembak, peringatan Maulud Nabi diistilahkan dengan Wang 12.

“Tradisi ini sudah turun-menurun dilaksanakan dari nenek moyang kami dahulu,” kata Anggota DPRD Kota Bengkulu Bambang Hermanto, didampingi Imam dan Pengurus Masjid Baiturrahim Amiril Mukminin dan Khairul Rezali, serta Tokoh Lembak Firmansyah.

Sementara Bambang sendiri memaknai peringatan Maulud Nabi sebagai momentum untuk semakin menumbuhkan rasa cinta kepada Rasul Allah Nabi Muhammad SAW. Menjalani proses kehidupan ini dengan menteladani dan mempraktikan sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW.

“Selain itu ada nilai sosial dan nilai persatuan yang terkandung dalam setiap peringatan Maulud Nabi, bagaimana kami masyarakat Lembak bersama-sama memperingatinya di masjid, dan bersama-sama juga menikmati nasi jambar, sebagai bentuk syukur kami kepada Allah SWT,” ungkap Bambang. [9u3]

Anggota DPRD Kota Bengkulu Bambang Hermanto saat peringatan Maulud Nabi
BACA LAINNYA


Leave a comment