×

Tegas, Rohidin Mersyah Minta OPD Tindaklanjuti Temuan BPK

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin rapat monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi

GARUDA DAILY – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan kepada seluruh OPD di jajaran Pemda Provinsi berkomitmen segera menindaklanjuti Hasil Pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Bengkulu Tahun 2005-2018, sehingga penilaian kinerja organisasi pemerintah, Baik Pemprov Bengkulu maupun Kabupaten/Kota bisa menghasilkan predikat WTP dari BPK-RI.

Selain itu setiap OPD juga diminta berkomitmen menindaklanjuti hasil temuan BPK-RI Perwakilan Provinsi Bengkulu ini dan melakukan koordinasi aktif dengan OPD di masing-masing kabupaten/kota. Dengan demikian target meraih WTP bagi Pemprov Bengkulu dan 50 persen untuk tingkat kabupaten/kota bisa terealisasi.

“Jadi paling tidak 50 persen kabupaten/kota dan Pemprov Bengkulu dipertahankan. Mekanisme kinerja koordinatif itu juga dibangun dengan kabupaten-kota dan setiap kepala OPD saya minta membentuk Tim LO di setiap Dinas, kalau ada kesulitan asistensi dengan Tim Auditor Ispektorat,” terang Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai memimpin Rapat Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK-RI Perwakilan Provinsi Bengkulu Tahun 2005-2018, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (12/02).

Lanjut Rohidin Mersyah, dengan melakukan tindak lanjut secara terencana dan berkoordinasi aktif dengan Inspektorat Provinsi Bengkulu, setiap OPD juga harus menargetkan penyelesaian tindak lanjut temuan BPK-RI ini, baik yang bersifat administratif maupun kerugian negara.

“Sehingga tidak ragu karena punya acuan dalam tindak lanjut dan saya minta dalam minggu ini selesai. Kemudian terhadap temuan yang bersifat cukup berat saya minta segera dibahas lebih detail,” pungkasnya.

Dijelaskan Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto, 60 persen lebih temuan administratif maupun kerugian negara telah ditindaklanjuti secara keseluruhan oleh seluruh OPD, sedangkan sisanya hingga saat ini masih dalam proses tindak lanjut.

“Ya paling tidak mencapai 70 persen yang harus kita tindak lanjuti, makanya pertemuan rutin itu setidaknya dilakukan 1 bulan sekali. Karenanya kita berharap kepada Pimpinan OPD harus segera melakukan tindak lanjut ini,” jelas Gotri Suyanto.

Sementara itu, persentase status tindak lanjut atas temuan BPK-RI per 31 Desember 2018 yaitu 60,61 persen telah ditindaklanjuti dan 39,39 persen masih dalam proses tindak lanjut.

Audiensi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan BPKP Provinsi Bengkulu

BPKP Nilai Kinerja Pemprov di Sektor Keuangan Meningkat

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Ramli Midian S mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan pengelolaan keuangan dan pembangunan yang dilaksanakan pihaknya sepanjang 2018, didapati bahwa sebagian besar kegiatan yang dilakukan telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan diketahui bahwa kinerja pemerintah dalam sektor keuangan dan pembangunan meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga peluang meraih WTP semakin besar.

“Jadi kita berperan sebagai konsultan, karena pada prinsipnya BPKP itu adalah internal auditor pemerintah,” ungkap Ramli Midian.

Sementara itu, terkait penguatan APIP dan APH, Pemprov Bengkulu dan BPKP Bengkulu berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi. Sehingga kinerja aparat pemerintah bisa semakin maksimal.

Terhadap hal itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi tinggi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bengkulu selama ini atas pengawasan, pendampingan serta pengelolaan keuangan dan pembangunan.

Gubernur Bengkulu juga meminta BPKP untuk lebih optimal dalam bersinergi terkait arahan-arahan atau kebijakan strategis pengelolaan keuangan dan pembangunan, sehingga Bumi Rafflesia semakin maju dalam berbagai aspek pembangunan.

“Pada dasarnya kerjasama Pemerintah Provinsi Bengkulu dan BPKP telah berjalan baik. Yang perlu menjadi fokus kita saat ini, bagaimana target meraih WTP dari pendampingan tersebut, baik tingkat provinsi maupun 5 pemda kabupaten,” terang Rohidin Mersyah saat audiensi bersama Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Ramli Midian Sihombing beserta jajarannya, menyampaikan Hasil Pengawasan Tahun 2018, di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu, Senin (11/02). (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *