×

Masuk Nominasi API 2019, Pantai Cuko Kaur Tawarkan Hamparan Terumbu Karang nan Indah

Pantai Cuko, Pasar Lama, Bintuhan, Kaur, Bengkulu

GARUDA DAILY – Bercerita tentang destinasi wisata di Provinsi Bengkulu memang tak ada habisnya. Setiap daerah punya spot wisata andalan, tak terkecuali di Bumi Se’ase Seijean, Kaur, kabupaten yang berada di ujung selatan Provinsi Bengkulu. Jika selama ini, Pantai Laguna dan Linau selalu jadi tempat favorit untuk dikunjungi, tidak ada salahnya untuk mencoba pantai lainnya, yakni Pantai Cuko.

Hamparan batu karang, air laut yang jernih dan pasir putihnya benar-benar memanjakan mata. Tak berlebihan jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Pantai Cuko, atau juga ada yang menyebutnya Pantai Cukuh ini berada tidak jauh dari pusat kota Bintuhan, tepatnya di Pasar Lame (Lama). Dari Bandara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu, jaraknya lebih kurang 200 km, sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan yang ditempuh melalui akses darat.

Meski terbilang jauh dari ibukota provinsi, perjalanan menuju ke Kaur dijamin ga bakal membosankan, karena Bengkulu punya segudang spot menarik di dua kabupaten sebelum Kaur, yakni Seluma dan Bengkulu Selatan.

Tiba di Bintuhan, silahkan belok kiri ke Pasar Lame, dan kita langsung disuguhkan hamparan pohon kelapa yang tersusun rapi, menambah sejuknya hawa laut, yang langsung menghilangkan penat perjalanan jauh kita.

Berdiri di terumbu karang di Pantai Cuko, ibarat berdiri di kolam besar yang bersebelahan dengan laut. Di antara karang-karang yang tersusun rapi tersebut, terdapat ikan karang dan tumbuhan karang lainnya. Pengunjung di sini juga biasanya mencari umang-umang yang banyak di antara terumbu karang.

Tak hanya memanjakan mata dan berkreasi bersama keluarga, di sini juga bisa untuk memancing di laut lepas, tapi hati-hati ya, karena ombaknya cukup besar. Jangan lupa, abadikan setiap momen indah anda di tempat yang indah ini.

Pantai Cuko, merupakan salah satu keindahan yang dimiliki Kaur dan Bengkulu. Mahakarya sang pencipta, So, tunggu apa lagi, yuk ke Pantai Cuko, Kaur. Terakhir, jangan lupa dukung Pantai Cuko di API 2019.

Visit 2020 Wonderful Bengkulu merupakan salah satu program prioritas Pemprov Bengkulu

Untuk diketahui, Pantai Cuko bersama Lubuk Resam, Arus Ketahun, Bukit Kaba, Fort Marlborough dan Pulau Enggano serta satu makanan tradisional Pendap masuk nominasi API 2019.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang fokus dengan salah satu program wisatanya, Wonderful Bengkulu 2020, mengajak warga masyarakat Bengkulu untuk mendukung destinasi wisata dan makanan tradisional yang masuk nominasi API ini dengan mengirimkan SMS dengan ketik API [Spasi] nomor nominasi kirim ke 99386.

Nomor nominasinya adalah API 1i untuk Pendap, API 7B untuk Jelajah Lubuk Resam, API 8B untuk Arus Ketahun Rafting, API 10C untuk Bukit Kaba, API 12D untuk Fort Marlborough, API 17C untuk Pantai Cuko Kaur, dan API 18D untuk Pulau Enggano. Dukungan sudah dapat diberikan mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Oktober 2019.

Enam destinasi wisata dan satu makanan tradisional Bengkulu masuk nominasi API 2019

Bagi Rohidin, masuk nominasi API adalah anugerah yang luar biasa. Karenanya ia bertekad mendorong pengembangan destinasi wisata di Provinsi Bengkulu. Sebab sektor wisata merupakan salah satu pintu masuk mendongkrak perekonomian Bengkulu.

“Dengan segala keterbatasan yang kita miliki, perlahan target-target pembangunan di berbagai sektor akan terus kita perkuat, demi terpenuhinya capaian yang maksimal dan sesuai yang kita harapkan bersama,” tegas Rohidin.

Penulis: Doni S

Composite Start
Loading...
Composite End

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *