Intip Persiapan Porwil X Sumatera, Kian Matang

NEWS - Senin, 8 Juli 2019

Konten ini di Produksi Oleh :

Porwil Sumatera X

GARUDA DAILY – Pemerintah Provinsi Bengkulu dan stakeholder terkait terus menggeber persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019. Selaku tuan rumah, Bengkulu berkomitmen menjadi tuan rumah yang baik dan menyukseskan penyelenggaraan event olahraga terbesar di Pulau Sumatera tersebut.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan seluruh persiapan termasuk venue dari 11 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan siap digunakan pada bulan agustus mendatang. Juga peralatan yang sesuai standar, termasuk promosi, agar event nasional yang mengusung tema “Spirit of Sumatera, Berprestasi di Bumi Rafflesia” ini berjalan sukses.

“Semua venue dari 11 cabang olahraga yang dipertandingkan dipastikan siap pada bulan Agustus, begitupun semua peralatan dengan standarisasi teknis yang memenuhi persyaratan untuk Porwil juga siap. Kemudian promosi kegiatan pembukaan dan penutupan yang dipusatkan di Stadion Sawah Lebar,” kata Rohidin.

Selain itu, Rohidin menanggapi tawaran Sumatera Selatan untuk membantu dari segi peralatan dari beberapa cabor yang dipertandingkan. Standarisasi perangkat peralatan diperhatikan agar sesuai dengan yang telah ditetapkan.

“Tawaran dari semua pihak, kita sambut secara baik dan positif. Itu sebagai bentuk apresiasi dan dukungan berbagai elemen agar Porwil ini berlangsung sukses, dan ini merupakan kesuksesan bersama,” tegas Rohidin.

Tak hanya itu, Rohidin pun gencar menggandeng pihak lain untuk turut berkontribusi nyata menyukseskan Porwil. Salah satunya dengan para pengusaha tambang Batu Bara yang terhimpun dalam Asosiasi Pengusaha Batu Bara (APBB), yang bersedia mengucurkan dana renovasi menyeluruh kawasan Stadion Semarak Sawah Lebar Bengkulu, sebagai lokasi utama pelaksanaan Porwil.

Dana awal yang dikucurkan APBB dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp6 miliar.

“Dari APBB sudah menyanggupi nilai yang kita tawarkan untuk melakukan renovasi secara menyeluruh kawasan Stadion,” ungkap Rohidin.

Kemudian GAPKI dan perusahaan-perusahaan perkebunan yang mensupport Pemprov Bengkulu merenovasi Gedung Olahraga.

Sementara itu terkait sosialisasi penyelenggaraan Porwil, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan, semaksimal mungkin mensosialisasikan hal tersebut melalui media massa dan media luar ruang.

Di sisi lain, Ketua KONI Provinsi Bengkulu Mufran Imron mengungkapkan, akan menyiapkan atlet profesional asal Bengkulu yang saat ini berada di luar daerah, guna mendorong prestasi Provinsi Bengkulu pada perhelatan Porwil X yang akan digelar pada 3-9 November 2019 di Bengkulu.

“Kita akan mengerahkan sumbe rdaya maksimal, termasuk memanggil pulang atlet-atlet asal Bengkulu yang berada di daerah lain, kita minta kesedian mereka untuk pulang ke Bengkulu, ayo sama-sama kita bela tanah kelahiran,” tandas Mufran.

Pantauan media ini, renovasi Stadion Sawah Lebar dan sejumlah venue di lokasi yang sama terus dilakukan. Memperlihatkan keseriusan Pemprov Bengkulu menyukseskan ajang Porwil ini. ()

BACA LAINNYA


Leave a comment