×

Danau Dendam Turun Status Jadi TWA, Rohidin Minta Dokumen Dirampungkan

Danau Dendam Tak Sudah/Foto Facebook Sucenk Bae

GARUDA DAILY – Kawasan Danau Dendam Tak Sudah kini telah turun status menjadi Taman Wisata Alam (TWA), yang sebelumnya merupakan kawasan cagar alam. Untuk itu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu segera merampungkan seluruh dokumen. Supaya pembangunan dan pengembangan destinasi wisata ini dapat segera dilaksanakan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Saya ingin pastikan penataan blok, kerjasama dengan BKSDA, MoU pengelolaan, kemudian AMDAL dan DID harus dipastikan sehingga di 2021 bisa dibangun dengan baik,” kata Rohidin, saat menyambangi Kantor DLHK, di hari pertama kerja pasca libur hari raya Idul Fitri, Senin 10 Juni 2019.

Selain itu, Rohidin juga menginginkan agar sengketa lahan kawasan hutan baik antar masyarakat maupun perusahaan dapat diselesaikan. Kemudian meminta DLHK menggandeng Perguruan Tinggi untuk mengevaluasi kinerja lingkungan.

“Agar kita berhasil memetakan bahwa potret kondisi lingkungan Bengkulu seperti ini, ini yang harus dilakukan sebagai tanggung jawab para pelaku usaha,” ujar Rohidin.

Lebih lanjut, ia turut menyinggung musibah banjir yang melanda Bengkulu beberapa waktu lalu, menurutnya, perlu dilakukan gerakan yang masif, seperti gerakan menanam pohon yang telah disepakati bersama. Untuk itu DLHK harus mempu menjadi leader yang mempu menggerakan dan mengajak masyarakat secara bersama-sama guna menanam pohon.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin rapat di Dispar Provinsi Bengkulu

Tak hanya DLHK, Rohidin pun menyambangi Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu guna memastikan program Wonderful Bengkulu 2020 dipahami oleh jajaran Dinas Pariwisata baik provinsi maupun kabupaten/kota. Selain itu kalender event yang disusun harus baku, di samping kesiapan dari masyarakat pelaku pariwisata.

“Saya ingin memastikan betul bahwa program kepariwisataan itu betul-betul akan memberikan dampak pada penambahan kunjungan wisata ke Bengkulu. Kita tidak harus langsung berbicara wisatawan mancanegara, tetapi paling tidak nyaman untuk kabupaten/kota, itulah destinasi wisata yang perlu kita rancang dengan baik,” demikian Rohidin.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin rapat di DLHK Provinsi Bengkulu

Editor: Doni S
Sumber: Rilis MC Pemprov Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *