Mahasiswa Unib Beberkan Manfaat Daun Kelor

 

Olahan daun kelor, tepung dan agar-agar

GARUDA DAILY – Dunia tak selebar daun kelor, begitulah kata pepatah yang memperkenalkan daun kelor di masyarakat. Ternyata, banyak yang tidak menyadari akan khasiat yang dimiliki oleh daun kelor ini.

Edi Surawanto (22), seorang Mahasiswa jurusan Teknik Industri Pertanian Universitas Bengkulu (TIP Unib) perkenalkan khasiat dan cara pengolahan daun kelor yang baik.

Sebenarnya, daun kelor ini memiliki manfaat yang sungguh luar biasa bahkan mencukupi empat sehat lima sempurna sampai tujuh kali lipat. Akan tetapi, manfaat yang sekian banyak itu tentunya akan didapat ketika daun kelor tersebut sudah diolah.

Tidak tanggung-tanggung, kandungan dalam daun kelor ini mengandung vitamin A, B, C bahkan jenis vitamin lainnya yang lengkap.

Manfaat dari daun kelor ini dapat menghilangkan kanker, diabetes, menstabilkan Hiv dan 42 macam lagi jenis penyakit lainnya yang dapat diredamkan oleh daun kelor ini.

Edi Surawanto (22), Mahasiswa Unib yang membeberkan khasiat daun kelor

“Dia bisa dibuat apa saja, karena dia sifatnya jadi netral, kalau misalnya dia dicampur kedalam makanan, dia punya space tersendiri, dia punya tempat sendiri khusus nutrisinya,” kata Edi kepada jurnalis GARUDADAILY.Com beberapa waktu lalu.

Adapun cara yang baik untuk mengolah daun kelor ini menjadi tepung tidaklah sulit, daun kelor muda dipilah kemudian diproses yang namanya pelayuan, setelah itu, ada pengeringan sampai kadar air daun kelor tersebut menjadi 4 persen, lalu daun kelor sudah bisa dijadikan tepung dengan cara ditumbuk atau diblender.

Proses pelayuan dan pengeringan tidak boleh langsung kena sinar matahari, tidak boleh pakai oven, namun bisa menggunakan oven khusus dengan suhu tidak boleh lebih dari 30 derajat.

Untuk pengeringan secara normal, bisa dilakukan di dalam ruangan yang suhunya 30 derajat selama kurang lebih tiga hari dengan catatan tidak boleh kena sinar matahari langsung, karena jika terkena panas secara berlebih, kandungan zat hijau daun kelor bisa hilang. [Nd3]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *