Jaga Iman Dengan Dakwah

Posted on 16/10/2018

Tabliq Akbar Subuh di Masjid Raya Bukit Baruga, Antang, Makassar, Sulawesi Selatan

Melansir Wikipedia, Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak Islam. Kata dakwah merupakan masdar (kata benda) dari kata kerja da’a yad’u yang berarti panggilan, seruan atau ajakan.

Dakwah merupakan upaya untuk menjaga iman. Ustadz Derry Sulaiman mengatakan dakwah adalah kerjanya Allah SWT, Allah itu Dai yang mengajak manusia ke surga. Allahu Akbar, kalau Allah Maha Besar, maka sudah tentu kerja Allah adalah kerja yang sangat besar, dan orang-orang yang berdakwah adalah orang-orang yang besar dalam pandangan Allah SWT.

Dakwah bukan sembarang kerja, orang yang sudah ambil bagian dalam kerja dakwah bertanda doanya dikabulkan Allah, Allah terima dia, Allah terima Salatnya, Allah terima zikirnya, Allah terima amalnya, Allah terima doa-doanya.

“Mungkin kita kecil dalam pandangan manusia, pandangan keluarga kita, dalam pandangan tetangga, dalam pandangan mertua, siapa ini orang? Tapi ketika orang mengajak manusia kepada Allah, dia orang besar dalam pandangan Allah, karena dakwah ini Dai yang mengajak manusia ke Allah, maka Allah bersama Dai, Allah bersama orang Salat dan mengajak orang lain Salat, InsyaAllah,”

Karenanya Derry mengajak umat muslim (siapapun itu) untuk berdakwah. Jangan takut, karena Dai bersama Allah. Dalam riwayat hadist, Allah SWT berfirman, “Dapatkan Aku kalian mendapatkan segala-galanya, bila kalian kehilangan Aku, kalian kehilangan segala-galanya”.

Baca juga Usaha atas Iman

“Masalah dunia ini semua ketetapan Allah, orang kerja keras belum tentu mendapatkan keinginannya, orang pintar belum tentu kaya. Siapa kaya siapa miskin, siapa naik siapa turun, siapa mulia semuanya dalam genggaman Allah. Siapa tinggi siapa pendek, kita punya anak kandung ada tinggi ada pendek, siapa yang mengatur itu, Allah. Siapa yang hitam kulitnya, siapa yang besar matanya siapa yang sipit matanya, itu bukan kemauan kita, (bukan) kehendak kita”

“Karena hidup di dunia bukan kehendak kita, maka kita tidak boleh hidup atas kehendak kita, kita mesti menjalankan kehidupan sesuai dengan kehendak Allah, dan sederhana saja, taati Allah dan RasulNya, pasti bahagia,”

Siapa saja yang beriman dan beramal saleh, baik laki-laki ataupun wanita, pasti pasti pasti pasti pasti Allah beri kehidupan yang baik. Allahu Akbar. Jadi orang beriman itu meski sempit rumahnya, lapang kehidupannya. Tapi orang-orang yang tidak beriman, meski hartanya banyak, lapang rumahnya, tapi sempit kehidupannya, maka beruntunglah orang-orang yang beriman.

Dan kepada orang-orang yang sudah beriman, diingatkan untuk terus menjaga iman, dengan dakwah, dengan amalan-amalan.

“Iman ini harus dijaga, buat amalan-amalan untuk menjaga iman, karena iman ini nyarinya susah, hilangnya mudah, letakkan iman dalam suasana iman. Kalau ada niat ada seribu jalan, kalau tidak ada niat ada seribu alasan,” demikian Ustadz Derry Sulaiman. [9u3]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *